Iqtishod Consulting On Sharing Magz


Iqtishod Consulting: “Memberikan Wawasan Luas tentang Fiqih Perbankan dan Poduk”

Baru berdiri sejak 2009, namun kiprah lembaga training perbankan dan keuangan Islam ini bisa dibilang sangat kencang. Hanya dalam waktu kurang dari satu setengah tahun, Iqtishod sudah berhasil melakukan training perbankan Islam sebanyak 23 angkatan dengan alumni telah mencapai sekitar 600 orang!

Iqtishod Consulting berdiri dengan idelisme untuk memperbaiki persoalan SDM syariah di Tanah Air. Karena bukan rahasia lagi, realitas konsidi SDM perbankan syariah di Indonesia secara umum kompetensi syariahnya masih rendah, termasuk daya inovasi SDM yang juga masih rendah.

“Kehadiran Iqtishod bertujuan untuk menciptakan SDM yang memahami praktek dan produk perbankan syraiah secara mendalam dan berwawasan syariah yang luas”, kata Agustianto Founder dan sekaligus trainer Iqtishod.

Selain itu, keberadaan Iqtishod adalah guna mengantisipasi perkembangan perbankan dan keuangan syariah yang bergerak dengan cepat, baik di panggung internasional maupun nasional.

Produk-produk inovatif bermunculan secara revolutif. Desain-desain kontrak multi-akad (hybrid) menjadi tak terhindarkan, yang terkadang membuat produk perbankan dan keuangan syariah di Indonesia menjadi ketinggalan. Fatwa-fatwa baru tentang ekonomi syariah pun terus bermunculan.

“Para praktisi perbankan dan keuangan syariah serta pakar ekonom Islam harus memahami dengan baik perkembangan mutakhir tentang inovasi produk perbankan dan keuangan syariah dan memahami fatwa-fatwa muamalah kontemporer baik di kancah internasional maupun nasional. Untuk itulah training dan workshop kami gelar,” kata Agustianto.

Benchmark Kurikulum Internasional

Training Iqtishod ini sendiri punya misi untuk meningkatkan kompetensi SDM secara signifikam. Menurut Agustianto, pihaknya berusaha untuk tidak saja memberikan skills dan knowledge tentang produk perbankan syariah, tetapi juga memberikan metode dan skim yang inovatif yang dapat diterapkan perbankan syariah untuk mengembangkan industrinya sehingga bisa bersaing dengan konvensional.

Untuk mendukung misi itu, maka benchmark  kurikulum Iqtishod sengaja dirancang dan diciptkan sendiri, dengan umumnya mengacu kepada praktek diberbagai negara di dunia (umumnya Timur Tengah, Mesir bahkan Pakistan dan Iran) dan merujuk kepada ratusan buku-buku perbankan syariah dan fikih mumalah kontemporer yang benar-benar terkini yang berasal dari luar negeri, baik mesir maupun timur tengah. Sementara itu, jenis-jenis pelatihan yang ditawarkan Iqtishod Consulting ini sangat beragam, antara lain Training dan Workshop Aplikasi Fikih Perbankan Syariah level Intermediate, ada pula Training Fikih Muamalah Advance on Islamic Banking untuk pengembangan produk-produk baru perbankan syriah. Selain itu, iqtishod juga menawarkan training-training khusus berdasarkan topic tertentu, misalnya: taining aplikasi hybrid Contract di Bank Syariah, training khusus musyrakah mutanaqishah (MMQ).

Ada pula training khusus bagi notaries, training khusus untuk multifinance, serta training dan workshop khusus untuk Dosen Ekonomi Islam yang telah lama menjadi dosen, tapi perlu upgrading, baik dosen pascasarjana maupun dosen SI Ekonomi Islam.

Menurut Agustianto, kelebihan dari training & workshop Iqtishod yang membedakan dari lembaga training perbankan lainnya, antara lain , karena Iqtishod berusaha memberikan wawasan yang luas tentang fikih perbankan dan produk-produk.

Kemudian materi pelatihan yang disajikan komprehensif dari segi keilmuan syariah, karena yang diajarkan bukan saja fikih terapkan, tetapi juga pendekatan yang komprehensif dengan Ushul Fiqh, Tarikh Tasyrif, maqashid syariah, tafsir dan ulumul hadist. “Dengan mengikuti training ini diharapkan praktisi perbankan syariah dapat akan memiliki wawasan yang luas tentang produk-produk perbankan syariah dan akan inovatif mengkreasi berbagai produk baru,” janji Agus.

Karena itu, kompetensi yang diharapkan dari lulusan training Iqtishod ini, menurut Agustianto adalah: yaitu mampu menerapkan produk yang berdasarkan syariah (fikih), serta mampu menerapkan produk-produk baru berbasis syariah. sementara bagi notaris perbankan syariah mampu menyusun draft kontrak yang sesuai dengan syariah.

Iqtishod Consulting sendiri sejauh ini sudah menggelar 23 angkatan training dan workshop Aplikasi Fikih dan Perbankan dan keuangan, baik level intermediate maupun level advace. Level  intermediate mengajarkan pendalaman produk yang sudah dijalankan perbankan syariah.. sedangkan level advance selain memberikan metodologi inovasi produk, pendekatan filosofis syraiah, juga mengajarkan produk-produk baru yang belum diterapkan di Perbankan Syariah. YS

Sumber: SHARING Magazine|Inspirator Ekonomi dan Bisnis Syariah Edisi 54

Diposting oleh Riris Agustya

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s